SKL UN 2012
- Prediksi Kisi-Kisi UN 2012B INDONESIA
No
|
SKL
|
Kemampuan
yang Diuji
|
Varian
Kemampuan yang Diuji
|
1
|
Membaca
dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,
opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah),
|
Menentukan
isi dan bagian suatu paragraf
|
Menentukan
pikiran utama
|
Menentukan
kalimat utama
|
|||
Menyimpulkan
isi paragraf
|
|||
Menentukan
kritik terhadap isi bacaan
|
Mengkritik
isi bacaan
|
||
Mengkritik
teknik penyajian bacaan
|
|||
Menentukan
isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
|
Menentukan
isi tajuk
|
||
Menentukan
kalimat fakta/pendapat
|
|||
Menyimpulkan
isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
|
Menentukan
pernyataan yang sesuai dengan isi bagan
|
||
Menentukan
simpulan isi grafik atau tabel
|
|||
Menentukan
pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam tabel
|
|||
Menentukan
perjalanan yang paling efektif berdasarkan peta/denah
|
|||
2
|
Membaca
dan Memahami berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel,
dan drama.
|
Menentukan
unsur intrinsik puisi
|
Membedakan
unsur puisi yang satu dengan yang lain
|
Menentukan
tema puisi
|
|||
Menentukan
suasana puisi
|
|||
Menentukan
amanat puisi
|
|||
Menentukan
unsur intrinsik cerpen/novel
|
Mencari
persamaan tema cerpen dalam kumpulan cerpen
|
||
Menentukan
perbedaan isi beberapa cerpen
|
|||
Mencari
persamaan isi beberapa novel
|
|||
Menentukan
perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
|
|||
Menentukan
tema cerpen/novel
|
|||
Menentukan
latar cerpen/novel
|
|||
Menentukan
penokohan cerpen/novel
|
|||
Menentukan
alur cerpen/novel
|
|||
Menentukan
sudut pandang cerpen/novel
|
|||
Menentukan
gaya bahasa cerpen/novel
|
|||
Menentukan
unsur intrinsik drama
|
Menentukan
tema drama
|
||
Menentukan
penokohan drama
|
|||
Menentukan
alur drama
|
|||
Menentukan
setting drama
|
|||
3
|
Menulis
karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan
efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi,
pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster,
iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting
|
Menulis
catatan pengalaman pada buku harian
|
Menentukan
kalimat dalam buku harian sesuai dengan ilustrasi
|
Menentukan
isi pesan singkat sesuai konteks
|
Melengkapi
pesan
|
||
Menentukan
isi pesan singkat sesuai dengan ilustrasi
|
|||
Menulis/menentukan
paragraf laporan
|
Melengkapi
laporan
|
||
Menentukan
isi laporan sesuai dengan ilustrasi
|
|||
Menulis/melengkapi
surat pribadi
|
Melengkapi
surat pribadi
|
||
Menuliskan
bagian surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi
|
|||
Menulis/melengkapi
surat resmi
|
Melengkapi
bagian surat resmi yang rumpang.
|
||
Memperbaiki
bagian surat resmi yang tidak tepat
|
|||
Menulis/menentukan
rangkuman
|
Menyusun
deretan kalimat menjadi paragraf yang padu.
|
||
Menulis/menentukan
slogan
|
Melengkapi
bagian slogan
|
||
Menuliskan
kalimat slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi
|
|||
Menulis/melengkapi
petunjuk melakukan sesuatu
|
Melengkapi
petunjuk
|
||
Menuliskan
petunjuk sesuai dengan ilustrasi
|
|||
Menulis/melengkapi
kutipan pidato
|
Menentukan
bagian-bagian dalam teks pidato.
|
||
Melengkapi
teks pidato yang rumpang
|
|||
Menentukan
unsur karya ilmiah (perumusan
permasalahan
karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
|
Menentukan
rumusan masalah karya ilmiah berdasarkan tema
|
||
Menentukan
latar belakang suatu karya ilmiah berdasarkan identifikasi masalah
|
|||
Menyunting
|
Penulisan
daftar pustaka
|
||
Penulisan
catatan kaki
|
|||
Pengefektifan
kalimat
|
|||
Kebakuan
kata
|
|||
Penggunaan
ejaan
|
|||
4
|
Menulis
karya sastra puisi dan drama.
|
Menulis
puisi
|
Melengkapi
bagian pantun
|
Menuliskan
pantun sesuai dengan ilustrasi
|
|||
Melengkapi
bagian puisi
|
|||
Membuat
judul puisi
|
|||
Menulis
puisi sesuai dengan ilustrasi
|
|||
Menulis/melengkapi
drama
|
Melengkapi
bagian drama
|
||
Meneruskan
dialOG
|
SKL B IIGGRIS
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
U R A I A N
|
1. LISTENING (Mendengarkan)
Memahami
makna teks lisan berbentuk teks fungsional pendek, percakapan dan
teks monolog sederhana berbentuk naratif (Narrative, Recount, News
item) dan deskriptif (report, descriptive, explanation) dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
· Menemukan
gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci dan informasi tertentu
dari teks lisan sederhana yang berbentuk teks fungsional pendek,
percakapan, naratif serta deskriptif.
· Merespon ungkapan-ungkapan:
- Berkenalan
- Simpati
- Nasihat
- Keharusan/ketidakharusan
- Suka/tidak suka
- Terkejut
- Rasa bangga
-Kemampuan/ketidakmampuan
- Permintaan maaf
- Penawaran jasa/bantuan
- Undangan
- Permintaan / pemberian dan penolakan izin.
- Kesenangan/ketidaksenangan
- Kesetujuan/ketidaksetujuan
- Kepuasan/ketidakpuasan.
|
2. READING (Membaca)
Memahami
nuansa makna di dalam teks tertulis seperti teks fungsional pendek
dan esei berbentuk naratif ((Narrative, Recount, News item) dan
deskriptif (report, descriptive, explanation) dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
|
· Menemukan
gambaran umum, pikiran utama, informasi tersirat, informasi rinci dan
informasi tertentu serta makna kata/frasa/kalimat dari teks tertulis
berbentuk teks fungsional pendek, esei berbentuk naratif, deskriptif
dan argumentatif.
|
SKL.BINGGRIS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar